Sebanyak 59 Perusahaan Asuransi Raih “Infobank Insurance Award 2023”

11 January 2023

hero-image-content-media

Jakarta – Sebanyak 59 perusahaan asuransi, terdiri atas 17 asuransi jiwa dan 42 asuransi umum, berhasil meraih penghargaan “Infobank Insurance Award 2023”. Penghargaan diberikan oleh Majalah Infobank pada ajang “24rd Infobank Insurance Award 2023” di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Kamis, 27 Juli 2023.

Pemberian penghargaan “Infobank Insurance Award 2023” ini didasarkan pada Rating 118 Perusahaan Asuransi Versi Infobank tahun 2023. Rating ini didasari pada kinerja 118 perusahaan asuransi untuk laporan keuangan terperiksa dan terpublikasi periode tahun 2021 dan 2022.

Penilaian kinerja perusahaan asuransi yang dilakukan oleh Biro Riset Infobank ini dilakukan dalam 5 tahapan besar untuk menentukan predikat “sangat bagus”. Tahapan tersebut meliputi penentuan formula rating berdasarkan perkembangan industri asuransi, pencarian sumber data, pemberian skor/nilai dari hasil pengolahan angka-angka dari berbagai rasio pertumbuhan, dan pemberian predikat.

Biro Riset Infobank kemudian mengelompokkan perusahaan asuransi berdasarkan pendekatan premi bruto. Pengelompokan perusahaan asuransi yang satu dengan yang lainnya menggunakan standar deviasi, sehingga diperoleh pengelompokkan yang adil melalui pendekatan pemerataan.

Chairman Infobank Media Group, Eko B. Supriyanto mengungkapkan, di tengah banyaknya perusahaan asuransi yang bermasalah, masih banyak yang berhasil meencatatkan kinerja terbaiknya. Setidaknya, 50% dari 118 perusahaan asuransi berhasil meraih predikat kinerja “Sangat Bagus” atau predikat tertinggi dalam rating Infobank.

“Ada beberapa perusahaan asuransi yang bangkrut, seperti Jiwasraya, Wanartha Life, dan Kresna Life. Asuransi Bumiputera juga tengah berjuang untuk segar kembali. Bahkan, menurut OJK, ada 13 perusahaan asuransi yang tidak baik-baik saja,” ujar Eko B Supriyanto saat memberikan opening speech.

Chairman Infobank Media Group, Eko B. Supriyanto saat memberikan opening speech dalam Infobank Insurance Awards 2023.

Menurut Eko, berdasarkan pengalaman, perusahaan asuransi yang menemui ajal lebih dikarenakan urusan moral hazard, meski secara produk juga sudah bermasalah sejak awal. “Untuk, kami mengucapkan selamat dan sukses kepada para direksi dan komisaris dari 59 asuransi yang berhasil meraih penghargaan Infobank Insurance Award 2023,” tutur Eko. 

Capaian ini, lanjut Eko, menunjukkan keberhasilan pengelola dalam menjaga kepercayaan pemegang polis dengan memberikan layanan terbaik, menghadirkan produk-produk asuransi yang berkualitas, dan tetap menjaga integritas.

Acara pemberian penghargaan “Infobank Insurance Award 2023” diawali dengan Second Half Economic Outlook 2023 dengan tema “Penguatan dan Pengembangan Sektor Keuangan Non-Bank”. Ogi Prastomiyono, Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun merangkap Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hadir memberikan Executive Lecture.

Hadir juga Rudy Kamdani, Ketua Dewan Asuransi Indonesia (DAI), yang memberikan special remarks mewakili industri asuransi.

Acara “24rd Indobank Insurance Award 2023” yang juga bisa disaksikan di kanal Youtube InfobankTV ini terlaksana berkat dukungan yang luar biasa dari berbagai pihak, antara lain Asuransi Umum Bumida, Asuransi Cakrawala Proteksi, BCA Insurance, BCA Multifinance, Zurich Insurance, BCA Finance, SG Finance, Asuransi Tripa, China Taiping Insurance, BRI Insurance, Tugu Insurance, Jasa Raharja, Tob Insurance, BRI Life, Mega Insurance, Pertalife, BCA Life, Mandala Finance, Asuransi Astra, Clemont Finance, Maybank Finance, AXA Mandiri, Heksa Insurance, WOM Finance, MPM Finance, Intra Asia Insurance, Ciputra Life, CIMB Niaga Finance, FIF Group, Mega Finance, Spextra, Asuransi Candi Utama, dan Amitra.

Untuk mengetahui ke-59 perusahaan asuransi peraih “Infobank Insurance Award 2023” bisa dibaca di Majalah Infobank edisi Juli 2023. Untuk mendapatkan edisinya bisa melalui Infobankstore.com. (*)  

Sumber : https://infobanknews.com/sebanyak-59-perusahaan-asuransi-raih-infobank-insurance-award-2023/

Berita

PT Asuransi Intra Asia mendorong peningkatan literasi asuransi dan keuangan kepada Masyarakat

PT Asuransi Intra Asia mendorong peningk...

Baca Selengkapnya con-angle-right-blue
Partisipasi Intra Asia dalam Bogor Color Run 2023

Intra Asia turut berpartisipasi pada aca...

Baca Selengkapnya con-angle-right-blue
PT Asuransi Intra Asia menerima penghargaan The Best Performing General Insurance 2023 based on Financial Performance 2020-2022 dengan kategori premi bruto 250 miliar sampai dengan kurang da

Dalam ajang Top 20 Financial Institution...

Baca Selengkapnya con-angle-right-blue